12/20/2011

Topeng monyet "Kesenian tradisional yang eksist di delapan negara"

Pada saat dunia hiburan semakin berkembang dengan hadirnya tempat dan alat atau teknologi yang dikhususkan sebagai sarana untuk memberikan hiburan pada pemakainya, ternyata masih ada satu jenis hiburan yang Notebennya adalah kesenian tradisional. Apa itu ? Topeng monyet ! Sebuah kesenian tradisional yang masih eksist menghibur masyarakat di 8 (negara).

topeng monyet kesenian tradisional

Topeng monyet adalah kesenian tradisional
yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Selain di Indonesia Pertunjukan topeng monyet juga dapat dijumpai di 7 (tujuh) negara lain yaitu:

1.India
2.Pakistan
3.Thailand
4.Vietnam
5.Cina
6.Jepang,dan
7.Korea.

Topeng monyet adalah jenis kesenian tradisional yang melibatkan seorang pawang yang melatih monyetnya untuk melakukan berbagai aktivitas yang meniru tingkah laku manusia, misalnya memakai topeng,mengenakan pakaian, berdandan,pergi belanja dan lainnya dengan diiringi musik yang dimainkan oleh satu atau beberapa orang.

Pada awalnya,pertunjukan topeng monyet hanya diiringi dengan alat musik berupa kendang.Dan seiring berjalannya waktu,sekarang banyak kita jumpai sebuah pertunjukan topeng monyet yang dimainkan dengan berbagai alat musik seperti: kendang,gitar,keyboard dan lainnya. Bahkan,ada juga yang sambil diiringi dengan lantunan lagu-lagu hits saat ini.

Pertunjukan ini dimainkan secara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain di daerah kawasan permukiman. Penontonnya kebanyakan anak-anak. Karena itu, kedatangan rombongan topeng monyet selalu disambut gembira oleh anak-anak. Kegembiraan anak-anak ini menjadi rezeki bagi rombongan topeng monyet. Karena uang saweran dari warga merupakan sumber nafkah mereka untuk menghidupi keluarga.