9/29/2011

kesenian singa dangdut

kesenian daerah singa dangdutdi zaman modern sekarang ini,dimana teknologi sudah semakin maju dan banyaknya kesenian dan budaya asing yang masuk ke negara kita tercinta,ternyata ada satu kesenian yang kini mulai bangkit dan unjuk gigi.

Yap,singa dangdut namanya........!.

Konon asal muasal kesenian ini muncul pertama kali di daerah subang jawa barat,dan kini mulai merasuk ke daerah sekitar seperti cirebon dan indramayu dimana tempat saya tinggal.

Menurut penelusuran yang saya lakukan "kaya wartawan or Fbi", kesenian singa dangdut dulu dikenal dengan sebutan sisingaan atau singa depok karena kesenian daerah yang satu ini menampilkan patung singa yang terbuat dari kayu atau bambu sebagai unsur utama,dan kemudian digotong oleh 4 orang sambil menari dengan diiringi alunan musik tradisional.

seiring berlalunya waktu dan selera orang pun kian berubah,maka kesenian yang dulunya hanya menggunakan sarana-sarana sederhana dari pembuatan patung sampai tarian pengiring dan alat musik,sekarang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat diterima masyarakat zaman sekarang.dan lebih dikenal dengan sebutan kesenian singa dangdut.

Meskipun masih dalam konsep yang sederhana,namun terbukti dengan balutan nuansa modern yang menggunakan musik dangdut sebagai pengganti musik tradisional,masyarakat kian menyukai kesenian yang mungkin bisa juga disebut dengan kesenian tradisional yang modern.

oke sobat penulis, lestarikan dan jaga kesenian dan budaya warisan leluhur kita yuk........!.