12/21/2011

Ramalan Nama Warisan Nenek Moyang



Nama adalah sebuah identitas yang harus dimiliki oleh setiap orang. Oleh sebab itu,dalam mencari dan memberikan nama tidak boleh asal-asalan,harus dengan pemikiran,perhitungan atau ramalan yang matang. karena, nama tersebut akan menjadi identitas dan panggilan untuk seumur hidup orang yang menyandangnya.

Nenek moyang kita "khususnya orang jawa", Telah mewariskan beberapa pedoman untuk melakukan perhitungan/ramalan dalam memberikan nama yang akan diberikan pada anak-anaknya. Dengan harapan, anak tersebut dapat menjadi seperti apa yang diharapkan oleh orang tuanya.

Ramalan Nama Berdasar Huruf Pertama
HA,NA,CA,RA,KA,DA,TA,SA,WA,LA, PA,DA,JA,YA,NYA,MA,GA,BA,TA,NGA. Huruf dari abjad jawa itulah yang sampai sekarang masih sering di gunakan untuk perhitungan/ramalan watak manusia berdasarkan huruf pertama namanya.

Perhitungan ini dimaksudkan supaya orang yang di beri nama tersebut agar:selamat,sehat, subur,sejahtera,berpribadi,bahagia, dan berguna bagi masyarakat di kemudian hari. Atau sekurang-kurangnya agar ia kelak mencapai segala yang dicita-citakan,banyak rizki, jauh dari halang rintangan dalam hidupnya.

Perhitungan mengenai watak manusia berdasarkan huruf pertama nama kecilnya (nama pemberian orang tua) lazim disebut dengan istilah ENDRASWARA. Oleh karena berdasarkan penyelidikan dan pengamatan para ahli kuna,nama orang yang diberikan orang tuanya semenjak ia dilahirkan,berpengaruh pada perkembangan fikir dan perasaan di dalam perjalanan hidup seseorang. kelak,dalam mengarungi masa hidupnya.

Pedoman dan cara lain yang dipakai

Seperti yang kita tahu,Pada zaman nenek moyang kita, pemberian nama pada anak bayi yang baru dilahirkan tidak boleh sembarangan dan selalu mengadakan perhitungan secara cermat dan teliti. Adapun pedoman-pedoman untuk memilih nama terbaik,yang biasanya dipakai orang ada berbagai macam patokan tertentu,antara lain:

-perpaduan dengan ciptaan orang tua dari anak bayi menurut wuku/waktu lahir.
-penyesuaian pada panca suda.
-perbintangan,dan lain sebagainya.

Tidak cukup dari huruf pertama nama saja, para ahli nujum juga melakukan perhitungan berdasar: hari pasaran,hari lahir, perbintangan,tanggal,bulan,tahun ataupun masa kelahiran yang semuanya itu dimaksudkan untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.