11/19/2011

Teknik Pelatihan Daya Kreatifitas

Dalam posting kali ini, saya akan coba ungkapkan beberapa TEKNIK PELATIHAN DAYA KREATIFITAS yang sangat tepat untuk menjadikan anda seorang yang kreatif dan pantang menyerah.Karena,Semua orang ingin menjadi individu yang kreatif, menemukan solusi yang kreatif, atau menemukan ide dan cara yang kreatif. Ada banyak sinonim untuk kata 'kreatif' yaitu:cerdik, cerdas, produktif,inovatif, berbakat, terinspirasi, inventif, asli dan merangsang. Tapi, apa kata ini benar-benar berarti.bagaimana kita bisa mengaktifkan kreativitas kita sendiri.

Kreativitas adalah proses mental dan sosial yang melibatkan penemuan ide-ide baru atau konsep. Ini adalah kemampuan untuk membuat atau membawa ke dalam keberadaan sesuatu yang baru dan memiliki nilai lebih baik atau solusi baru untuk masalah,metode,perangkat, benda artistik baru, bentuk atau ide yang hasil akhir dari pemikiran kreatif tersebut baik,asli dan berguna.

cara membuat kreativitas

Percaya diri adalah kebutuhan dasar bagi seorang individu yang bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.Dalam rangka untuk berlatih kreativitas, seseorang harus melakukan cara tertentu atau memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi dan fleksibilitas untuk melangkah.

Namun, memiliki karakteristik yang tepat dan bahkan
kondisi kerja yang paling inspiratif tidak menjamin
hasil yang kreatif. Teknik kreativitas adalah proses pikiran atau metode yang digunakan untuk
menghasilkan pemikiran yang berbeda atau sebuah
bentuk pemikiran yang bertujuan untuk menghasilkan ide-ide yang berbeda dalam waktu singkat.

Teknik kreativitas yang digunakan untuk melepaskan kreativitas dari otak kita dan memasukkannya ke dalam solusi praktis ada berbagai macam,diantaranya adalah:

1.Mencari dan menemukan ide

Mencari dan menemukan ide baru merupakan cara pertama kita dalam melatih kreativitas.
Dengan melakukan itu,kita dituntut untuk menggunakan otak bekerja lebih keras dan cerdas.
Contohnya,dalam membuat artikel. Tapi ingat ! jangan terlalu dipaksakan,ini bisa mengakibatkan stres yang berkelanjutan.

2.Belajar dari sekitar

Dalam kehidupan nyata,banyak sekali kita temukan hasil kreativitas.karena,hakikatnya semua benda yang ada didunia ini adalah merupakan hasil dari kreativitas,dan mungkin tidak kita sadari,salah satunya adalah hasil dari kretivitas kita sendiri.

Untuk dapat menggunakan cara ini sangatlah mudah,mulailah dari diri anda sendiri.Contohnya:apa yang anda gunakan saat ini,pakaian apa yang cocok,gaya rambut apa yang paling pas untuk membuat penampilan anda lebih menarik,dan lain sebagainya.

3.Teknik pembalikan

Teknik ini digunakan untuk merubah ide atau sesuatu sehingga menjadi kebalikannya.seperti bagaimana anda membuat minuman kopi yang pahit dan merubahnya menjadi minuman kopi yang manis atau merubah air dingin menjadi panas dan kebalikannya,secara cepat dan tepat.

4.Tekhnik imitasi/tiruan

Tekhnik ini adalah tekhnik kreativitas yang dapat anda gunakan sebagai cara membuat daya kretivitas lebih berkembang.yaitu dengan meniru atau merubah hasil karya yang sudah ada menjadi lebih baik atau anda dapat membuatnya sendiri.

5.teknik daur ulang

Teknik ini adalah teknik yang dapat digunakan untuk merangsang dan melatih daya kreativitas dengan menggunakan objek berupa barang-barang bekas disekitar kita agar dapat digunakan kembali,Seperti kertas daur ulang.

Kesimpulan

Jika ingin menjadi idividu yang kreatif,kuncinya adalah jangan pernah ragu untuk mencari dan mencoba ide-ide baru.belajarlah dari sekitar anda dan jangan takut akan kegagalan.terima kasih