10/16/2011

Cara Membuat Artikel Yang Bermanfaat

cara membuat artikel yang bermanfaat

Membuat artikel atau tulisan yang bermanfaat adalah satu tantangan tersendiri.khususnya bagi saya pribadi yang baru belajar membuat sebuah artikel.
Artikel sendiri dapat diartikan sebagai karya tulis lengkap dengan panjang tertentu dan dipublikasikan.
pertanyannya adalah,"bagaimana cara membuat artikel yang bermanfaat untuk pembacanya".apa sobat bisa bantu saya !.

Kendala dalam membuat sebuah artikel, biasanya terdapat pada pencarian ide atau tema (ini yang pertama dan utama) yang akan digunakan sebagai syarat utama untuk mulai membuat suatu artikel.karena,dari sebuah ide dan temalah baru kita dapat kembangkan menjadi susunan kata yang membentuk kalimat dan paragraf dan baru menjadi sebuah artikel.

Dengan googling dan banyak membaca atau dari pengalaman pribadi dan keadaan di sekitar sebenarnya kita bisa dapat banyak pelajaran dan ide untuk mulai menulis suatu artikel.
pertanyaan saya selanjutnya adalah "apa semua hal yang bermanfaat untuk kita juga bermanfaat bagi orang lain dan sebaliknya".

Suatu artikel dikatakan bermanfaat jika:

  • Mendidik
  • Dalam arti dapat memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi si pembaca artikel,yang kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Meyakinkan
  • Dalam arti dapat membuat si pembaca yakin akan semua isi artikel.karena pada dasarnya pembuatan suatu artikel harus berdasar fakta dan dapat diterima secara akal sehat (logis)
  • Menghibur
  • Dalam arti dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi si pembaca,karena sudah mendapatkan wawasan dan ilmu baru yang berguna.

Isi artikel

Dalam sebuah artikel biasanya berisi:
1.sejarah
2.petualangan
3.argumentasi
4.hasal penelitian
5.mengajarkan sesuatu untuk melakukan atau memecahkan sebuah masalah.

Walaupun ada juga artikel yang berisi pengalaman pribadi,promosi sebuah produk,info acara dan lain sebagainya.

Cara menerbitkan/publikasi artikel

Idealnya sebuah artikel dipublikasikan dengan menggunakan media seperti:koran,majalah,tabloid,buletin dan sebagainya termasuk website dan blog .

Oke sobat,semoga bermanfaat.mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan,kritik juga saran dari semua pihak yang membangun selalu saya tunggu.

Terima kasih telah berkunjung