11/14/2011

Sejarah Sea Games,Ajang Olahraga Asia Tenggara

Sejarah asal-usul SEA GAMES berhubungan erat dengan Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games . SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit pada tanggal 22 mei 1958,yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuan utama diadakannya event olahraga se ASEAN ini adalah,untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

sejarah sea games

Negara-negara pelopor yang menjadi saksi sejarah pembentukan ajang olahraga sea games ini adalah Thailand , Burma (sekarang Myanmar ), Malaysia , Laos , Vietnam,Kamboja dan singapura yang kemudian menyusul. Mereka (7 negara ) ini setuju untuk mengadakan ajang sea games dengan rentang waktu dua tahun sekali. Selain sea games,mereka juga membentuk sebuah komite,yaitu Komite Federasi SEAP Games.

SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959 , diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma/myanmar, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang pada saat itu berlaga dalam 12 cabang olahraga yang di pertandingkan.

Pada SEAP Games VIII tahun 1975 , Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977 , dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan ajang ini menjadi Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara.

Sementara itu,Brunei Darussalam baru dimasukkan pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara/sea games ke X (10) yang bertempat di Jakarta , Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara XXII (22) di Hanoi , Vietnam.

Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara atau kalau dalam bahasa Inggris (Southeast Asian Games ) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara.Yaitu,Kamboja,Laos,Malaysia,Myanmar,Singapura,Thailand,Vietnam,Brunai Darussalam,Indonesia,Filipina dan Timor Leste.

Peraturan pertandingan di SEA Games dibawah naungan Federasi Olahraga Asia Tenggara (Southeast Asian Games Federation ) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional ( IOC ) dan Dewan Olimpiade Asia ( OCA ).Di kutip dari wikipedia bahasa Indonesia.