12/07/2011

Rahasia Melawan Stres Dengan Ilmu Pernapasan

rahasia ilmu pernapasan untuk melawan stres

Rahasia Ilmu Pernapasan Untuk Melawan stres ! Ini sangat berguna Jika Anda sedang mencari cara sederhana untuk melawan stres, dan disini saya punya satu cara sederhana yang efektif untuk melawan stres yaitu dengan Mengatur pernapasan. Napas adalah kebutuhan alami dan merupakan hal paling penting dari kehidupan.

Anda pasti tahu,bahwa jika kita berhenti bernafas untuk waktu yang cukup lama, maka kita akan mati. Meskipun ini adalah fakta,pada kenyataannya banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa fungsi napas bukan hanya itu. Tetapi,dapat dijadikan satu sumber kekuatan dahsyat yang akan kita dapatkan jika kita tahu Apa dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Bernapas dengan benar dapat membantu meringankan gejala stres dan juga membuat pikiran anda rileks,segar,tenang,dan tentu saja dapat meningkatkan energi anda untuk beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Karena,bukan hanya tubuh,otak juga akan ikut segar.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh merespon sebagai persiapan untuk "melawan atau lari" dan kita menderita berbagai gejala seperti berkeringat, denyut nadi meningkat, jantung berdetak cepat,sampai pernapasan dangkal.

Serangan biasa dari stres dan kecemasan mulai menjadi cepat, pernapasan dangkal menjadi kebiasaan. hal ini dapat menurunkan kemampuan kita untuk bernapas dengan benar dan bisa mengakibatkan kesulitan bernapas seperti asma.
Stres dapat mempengaruhi pernapasan, yang kemudian mempengaruhi keadaan pikiran dan tubuh kita. Itu disebabkan karena asupan oksigen yang dibutuhkan otak dan sel-sel tubuh kurang mencukupi .Ketika kita bernapas, kita mengambil oksigen melalui hidung yang kemudian masuk kedalam paru-paru. Dan dari paru-paru masuk ke otak dan sel-sel dalam tubuh.Pernapasan yang terlalu dangkal dapat mempengaruhi jumlah oksigen yang beredar dalam tubuh dan otak,sehingga dapat mengakibatkan kita merasakan kekurangan energi yang membuat pikiran gelisah dan tubuh lesu.

Ilmu Pernapasan Untuk Melawan Stres

Sebenarnya ilmu pernapasan sudah ada dan banyak digunakan oleh ahli-ahli Yoga,meditasi dan beladiri tenaga dalam. Tapi itu semua akan saya posting dilain kesempatan. Karena sekarang kita coba fokuskan dulu bahasa kita untuk melawan stres yang bisa terjadi pada siapa dan dimana saja.

Untuk melawan stres dengan ilmu pernapasan sangatlah mudah dan bisa anda lakukan dimana dan kapan saja anda mau. Selain bisa menenangkan pikiran,ini juga dapat menyegarkan tubuh di saat anda merasa lesu dan tidak mempunyai semangat. Bagaimana Caranya ?

Ambil atau tarik napas pelan-pelan dan panjang dari hidung sehingga memenuhi seluruh ruang dalam paru-paru dan tahan sampai beberapa hitungan. Baru setelah itu buang napas anda melalui mulut secara perlahan sampai tidak ada lagi yang tersisa dan tahan lagi sebelum anda menarik napas berikutnya.

Lakukan ini beberapa kali,dan usahakan tiap menarik,menahan dan membuang napas anda selalu dalam hitungan yang sama. Misal, 12 hitungan untuk mengambil, 12 menahan ,12 untuk membuang dan 12 untuk menahan sebelum mengambil napas berikutnya.

Oke,semoga bermanfaat dan sukses selalu !