11/07/2011

Bagaimana Cara Mengubah Sampah Jadi Harta

Bagaimana cara Mengubah tumpukan sampah jadi uang ?.Ini adalah jawabannya !.

Seperti yang kita semua ketahui,sampah telah menjadi salah satu momok menakutkan.Bukan hanya merusak pemandangan,sampah juga dapat menjadi penyebab datangnya berbagai macam penyakit.Dari penyakit ringan sampai penyakit mematikan.

cara mendapatkan uang dari sampahlingkungan penuh sampah

Berbagai macam penyakit,yang bersumber akibat adanya tumpukan-tumpukan sampah dalam lingkungan tempat tinggal penduduk,bukan satu-satunya ancaman.Bencana,seperti kebanjiranpun selalu mengintai.ini akibat tersendatnya saluran air oleh sampah.

Ada siang ada malam,ada untung ada rugi,ada pria ada wanita.Begitu juga dengan sampah,dibalik berbagai kerugian dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sampah,pasti ada juga manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan.Apa saja itu !.

Oke sobat,sebelum saya membahas manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapat dari sampah,ada baiknya kita mengenal dulu jenis-jenis sampah yang ada disekitar kita.

Jenis Sampah

Secara garis besar,sampah dapat di golongkan menjadi 2(dua) jenis atau golongan.yaitu,sampah ORGANIK dan ANORGANIK.

1.SAMPAH ORGANIK yaitu sampah yang mudah membusuk.seperti:sisa makanan,daun kering dan sayuran dsb
2.SAMPAH ANORGANIK yaitu sampah yang tidak mudah membusuk.seperti:botol,kertas/karton,kayu dsb

Setelah kita mengenal jenis-jenis sampah diatas,sekarang kita lanjut ke-

Manfaat dan keuntungan sampah

Dari dua golongan atau jenis sampah diatas,kita bisa mendapatkan manfaat yang sangat menguntungkan.
tentunya,jika kita tahu cara mengolah dan memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna.khususnya bagi diri sendiri,atau kita jual pada orang lain untuk mendapatkan uang.

Ada beberapa contoh,yang bisa dilakukan untuk mengubah sampah menjadi lebih bermanfaat dan bisa mendatangkan uang.Diantaranya adalah:

  • mengolah sampah organik menjadi kompos,atau untuk pakan ternak
  • mengolah atau menjual sampah anorganik
Tidak seperti sampah organik,sampah anorganik sebenarnya bisa dijadikan sampah komersil,atau sampah yang dapat dan laku kita jual,untuk di daur ulang atau di jadikan produk lain.

Beberapa sampah anorganik yang dapat kita jual diantaranya adalah botol,kertas,karton,gelas plastik,kaca,besi dan masih banyak lagi.

Selain kita jual,sampah anorganik dapat kita jadikan sebagai bahan baku produk kerajinan.yang dapat kita buat sendiri,tentu saja kalau kita kreatif.minimal mau berusaha untuk menciptakan produk kita sendiri.yang sampai sekarang,saya sendiri belum bisa mewujudkannya.

Beberapa hasil pemanfaatan sampah,dalam hal ini adalah dari jenis sampah anorganik adalah,kertas daur ulang,berbagai macam jenis kerajinan,sampai bahan makanan yang terbuat dari olahan sampah karton,yaitu jamur karton.kenapa jamur karton !,karena dulu ayah saya sendiri pernah membuatnya loh sobat.

Oke sobat !sekian dulu,dan semoga bisa bermanfaat.